Bagaimana Mengetahui Dan Mengatasi Adanya Kebocoran LPG....?

Ki Sigit Marsono January 20, 2019
 BAGAIMANA MENGETAHUI DAN MENGATASI ADANYA KEBOCORAN LPG?
  1. Tercium bau khas gas ELPIJI yang menyengat
  2. Terdapat embunan pada tabung ELPIJI biasanya ada disekitar sambungan pengelasan tabung, neck ring, valve maupun sambungan pada foot ring
  3. Terdapat bunyi mendesis pada regulator.
  4. Jika terjadi kebocoran pada tabung Gas ELPIJI tindakan yang harus segera dilakukan adalah: Lepaskan regulator, bawa tabung keluar ruangan dan letakkan di tempat terbuka. JANGAN MENYALAKAN API ATAU MENGHIDUPKAN LISTRIK
  5. Bawa tabung gas ELPIJI tersebut ke agen atau penjual gas Elpiji


Tips khusus :
Ruang dapur yang menjadi satu dengan ruang makan atau ruang tidur dan tidak Mempunyai ventilasi atau sirkulasi udara yang baik maka harus diperhatikan perihal sebagai berikut :
  • Tidak ada akumulasi gas dalam ruangan dengan cara membuka pintu/jendela terlebih dahulu. Bau khas ELPIJI tidak akan tercium apabila kita sedang pilek dan penciuman kita akan mengalami imun terhadap bau apabila kita sudah terpapar bau tersebut dalam waktu yang cukup lama.
  • Pada saat ruangan tertutup ditinggal dalam waktu lama, pada saat membuka pintu »»harus diyakinkan bahwa dalam ruang tersebut tidak terjadi akumulasi ELPIJI akibat kebocoran sebelum menyalakan listrik dan sumber api lain.
  • Jangan mencolok-colok valve tabung apabila ELPIJI tidak keluar dari tabung, tukarkan dengan penjual atau agen terdekat.
  • Jangan menggunakan kompor gas dan kompor minyak tanah secara bersamaan dalam satu ruangan.
  • Jangan menghidupkan kompor jika tercium bau ELPIJI yang bocor.
Dari berbagai sumber
Penulis : Sigit marsono
HP : 081285367542
WA: 081285367542
Email : sigitmarsono@gmail.com

Menerima jasa konsultasi K3L (Keselamatan Kesehatan Kerja & Lingkungan ) Gratissss... tanpa dipungut biaya sepeserpun Bisa melalui no hp, WA atau email saya......kalo sudah mengerti sebarkan ya dan jangan lupa berbagi ilmu ke teman biar bermanfaat.

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »