Empat Langkah Bakar 1.200 Kalori per Hari

Ki Sigit Marsono February 24, 2019
Membakar sebanyak 1.200 kalori ternyata tak sesulit yang dibayangkan. Bahkan pencapaian itu dapat Anda dapatkan hanya dengan mengubah beberapa kebiasaan di sela-sela rutinitas kita sehari-hari. Berikut tipsnya:

1. Usahakan lakukan olahraga ringan selama 90 menit saja per hari. Namun, bagi yang bertubuh kurus, Anda mungkin harus lebih menambah gerakan karena tubuh kurus cenderung lebih sulit membakar lemak, sedangkan pada orang gemuk kalorinya mudah terbakar bahkan kala tidur.

2. Buatlah diri Anda lebih banyak bergerak di sela-sela rutinitas. Misalnya, jika ruangan Anda berada di lantai 1 atau 2, gunakanlah tangga ketimbang lift. Kemudian, di akhir pekan gunakanlah gunting rumput daripada mesin pemotong rumput untuk merapikan kebun atau taman Anda. Apabila kantor Anda berada tak jauh dari rumah, berjalanlah daripada menggunakan angkutan umum atau gunakanlah sepeda. Menambah beberapa gerakan dalam aktivitas Anda akan membakar kalori bahkan melebihi 1.200, tapi hal itu juga bergantung pada seberapa lama Anda melakukannya dan berapa berat badan Anda. Menurut Dewan Kebugaran Fisik dan Olahraga AS, mengepel lantai dapat membakar 400 kalori per hari, pekerjaan rumah ringan membakar 200 kalori, dan menambah jarak lari Anda sejauh 1 mil membakar 100 kalori.



3. Jangan diam. Gerakan kegelisahan sebenarnya dapat dikategorikan olahraga, dan bukan gangguan. Ketukkanlah kaki Anda saat mengantre atau menunggu sesuatu. Janganlah selalu duduk, sekali-kali berdirilah saat bekerja di depan komputer, goyangkan kaki saat menyilangkan kaki atau gerakkan badan Anda ke belakang dan depan saat menonton televisi. Sebuah studi di Klinik Mayo mengemukakan menggerek-gerakkan bagian tubuh Anda selama satu hari dapat membakar 800 kalori. Jumlah itu setara dengan berjalan atau joging sejauh 8 mil.

4. Kombinasikan sendiri jenis aktivitas Anda hingga dapat membakar 1.200 kalori per hari. Misalkan bakar 400 kalori dengan berjalan ke kantor. Sebanyak 400 lagi terbakar saat Anda menaiki tangga, dan 400 kalori saat berjalan menuju mesin foto kopi. (Pri/OL-06)


Dari berbagai sumber
Penulis : Sigit marsono
HP : 081285367542
WA: 081285367542
Email : sigitmarsono@gmail.com

Menerima jasa konsultasi K3L (Keselamatan Kesehatan Kerja & Lingkungan ) Gratissss... tanpa dipungut biaya sepeserpun Bisa melalui no hp, WA atau email saya......kalo sudah mengerti sebarkan ya dan jangan lupa berbagi ilmu ke teman biar bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »