MENCUCI TANGAN CARA MUDAH MENGHINDARI INFEKSI DAN MENCEGAH TERJADINYA

Ki Sigit Marsono February 22, 2019

Mencuci tangan merupakan kebiasaan yang sederhana dan merupakan cara terbaik untuk menghindari sakit. Kebiasaan sederhana ini hanya membutuhkan sabun dan air hangat atau pembersih yang tidak memerlukan air (pembersih tangan berbasis alkohol).

BAHAYA TIDAK MENCUCI TANGAN
Bakteri, virus, jamur dan penyakit parasit bisa terdapat pada kulit dan lendir, darah dan cairan tubuh lainnya. Beberapa kuman yang ditransfer melalui inhalasi dan lainnya bisa diperoleh dengan sentuhan ketika orang yang terinfeksi tidak mencuci tangan dengan teknik yang baik, yaitu dengan menggunakan sabun dan air, yang kemudian langsung menyentuh makanan.

  • Hand Foot and Mouth Disease (HFMD) disebabkan oleh virus coxsackie dan enterovirus. Penyakit ini menyerupai flu yang disertai dengan terbentuknya lesi vesikular di sekitar tangan, kaki, dan mulut. Virus ini menyebar dengan memakan makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan feses.
  • Hepatitis A merupakan infeksi virus yang menyerang hati dan sangat menular. Gejalanya seperti kelelahan, kulit menguning, urine gelap, mual dan muntah. Penularan hepatitis A terjadi ketika seseorang terinfeksi virus tidak hati-hati mencuci tangannya setelah menggunakan kamar mandi, kemudian mengolah makanan yang dikonsumsi oleh orang lain.
  • Shigellosis adalah infeksi bakteri dengan gejala diare berair, kram perut dan demam. Kadang penyakit ini berkembang menjadi disentri, tinja berisi lendir, darah dan nanah. Shigellosis menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain dengan memakan makanan yang terkontaminasi oleh orang terinfeksi yang tidak cuci tangan setelah dari kamar mandi.
  • Giardiasis adalah penyakit parasit usus dengan gejala seperti perut berisi gas, kram dan diare. Giardiasis menyebar dengan mudah dengan minum air yang terinfeksi dari sumber yang tidak diobati atau melalui kontak tangan ke feces.
 Berdasarkan Pusat Pengendalian & Pencegahan Penyakit (CDC), sebanyak 76 juta warga Amerika menderita penyakit akibat makanan setiap tahunnya dan sekitar 5000 orang meninggal akibat penyakit ini. 


KAPAN SEBAIKNYA MENCUCI TANGAN?
Meskipun tidak mungkin untuk menjaga tangan anda bebas kuman, ada waktu kritis mencuci tangan untuk membatasi perpindahan bakteri, virus dan mikroba lainnya.

Cuci tangan selalu bila
1) Setelah Menggunakan Kamar mandi
2) Sebelum dan sesudah makan
3) Setelah membuang sampah & memegang kotoran
4) Sebelum dan Setelah sehabis melakukan aktifitas pekerjaan anda
5) Setelah bersin, batuk & memegang hidung
6) Sebelum dan sesudah menyentuh orang sakit atau terluka
7) Sebelum dan sesudah menangani luka atau sayatan luka
8) Sebelum memasukkan atau memindahkan kontak




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »