Manfaat Tanaman Tapak Liman

Ki Sigit Marsono February 24, 2019
Pada artikel kali ini Pakde Sigit Marsono akan membahas dengan tuntas manfaat daun tapak liman untuk kesehatan tubuh manusia. Oke guess mari kita simak secara tuntas untuk menambah pengetahuan tentang tanaman obat tapak liman , karena tanaman ini banyak dijumpai disekitar rumah kita dan mudah untuk menemukannya, mungkin kita tidak mengetahuinya ternyata tanaman ini sangat memiliki banyak manfaat.
 
Tapak Liman (Elephanthopus scaber) merupakan tanaman terna. Ketinggian tumbuhnya 10- 80 cm. Batangnya kaku dan bercabang. Akarnya tunggang, daunnya tunggal, berbentuk bulat telur. Tapak liman mempunyai bunga yang mahkotanya berwarna putih sampai ungu kemerahan. Sementara itu, buahnya berambut.



Dalam pengobatan, seluruh bagian tanaman bisa dimanfaatkan. Seluruh bagian tanaman ini terutama daun, akar, dan batang tanaman dapat digunakan sebagai obat tradisional.

  1. Mengatasi Diare, Sangat beragam penyebab terjadinya diare, bisa karena salah mengkonsumsi makanan atau pun karena makanan tersebut telah terkontaminasi dengan kuman atau bakteri yang menyebabkan diare. Untuk itu konsumsilah  daun tapak liman untuk mengatasi diare ini. Jika tidak terdapat daun tapak liman di lingkungan anda tinggal maka anda dapat pula memanfaatkan manfaat daun jambu biji untuk mengatasi diare.
  2. Mengatasi peradangan, Mengatasi peradangan adalah salah satu dari manfaat daun tapak liman. Hal ini disebabkan karena daun tapak liman mengandung kandungan anti inflamasi sehingga sangat baik jika digunakan untuk mengatasi luka. Khususnya luka yang diakibatkan karena peradangan.  
  3. Sebagai obat hepatitis, Manfaat lain dari obat herbal atau tradisional yang dibuat dari daun tapak liman adalah dapat mengatasi hepatitis dengan baik. Meskipun proses yang dilakukan lama, namun tetap saja obat ini sangat ampuh untuk mengatasi hepatitis.  
  4. Mengatasi demam, Demam terutama pada anak harus segera diatasi. Karena demam pada anak tentu akan lebih sakit dirasakan ketimbang orang dewasa yang mengalaminya. Oleh karena itu alternatif lain selain manfaat daun tapak liman untuk mengatasi demam gunakan pula manfaat paracetamol untuk mengatasi demam pada anak maupun dewasa. Biasanya demam menjadi tanda-tanda dari berbagai jenis penyakit. Untuk itu perlu diketahui dengan pasti demam yang terjadi pada anak merupakan demam yang terjadi karena merupakan gejala penyakit apa.  
  5. Memiliki kandungan anti bakteri, Kandungan anti bakteri pada daun tapak liman tentu dapat membantu menjaga stamina dan kesehatan pada tubuh.  
  6. Membantu meningkatkan stamina pria, Seorang pria harus memiliki stamina yang baik, apalagi seroang pria yang sudah memiliki istri. Karena pria harus bekerja lebih exstra. Untuk itu menjaga kesehatan sangat penting bagi seorang pria. Konsumsilah manfaat daun tapak liman ini dengan rutin maka stamina pada pria akan lebih meningkat. Bahkan daun tapak liman tidak hanya baik untuk pria saja namun boleh juga dimanfaatkan oleh seorang wanita.  
  7. Membantu mendetok tubuh, Kandungan anti bakteri yang terdapat di dalam daun tapak liman ini tentu akan membantu anda untuk mendetok tubuh. Biasnaya semakin banyak makanan yang dikonsumsi itu tidak sehat maka semakin banyak pula yang harus di detok. Selain dengan memanfaatkan daun tapak liman. Untuk mendetok tubuh dapat pula dengan mengonsumsi manfaat brokoli dan manfaat olahraga karena hal teresebut juga dipercaya untuk mengatasi racun di dalam tubuh.  
  8. Baik untuk ibu hamil, Ibu hamil tentu harus mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Salah satu makanan yang sehat yang dapat dikonsumsi adalah daun tapak liman. Selain merupakan makanan yang sehat daun ini juga bermanfaat untuk obat bagi ibu hamil.  
  9. Membantu mengatsi penyakit beri-beri, Adanya kandungan vitamin yang baik pada daun tapak liman membantu daun tapak liman memiliki fungsi untuk mengatasi penyakit beri-beri.  
  10. Mencegah tumbuhnya tumor, Tumor bisa terjadi dimana saja, untuk itu jika tumor sudah terdeteksi sejak dini maka segera periksakan agar tidak semakin besar dan tidak semakin tinggi stadiumnya. Segera atasi tumor tersebut.  
  11. Membantu meredakan perut kembung, Daun tapak liman pun dapat dimanfaatkan untuk mengatasi perut yang sedang kembung. Perut kembung ini bisa juga sebagai salah satu tanda maag, atau perut sedang tidak sehat. Hal yang dimaksud disini adalah perut kembung akibat penyakit. Bukan perut kembung karena kebanyakan minum  
  12. Memberikan rasa lega pada tenggorokan, Kandungan anti inflamasinya sudah jelas dapat membantu untuk meredakan tenggorokan terutama mereka yang sedang terserang batuk. Tentu sangat baik untuk memanfaatkan daun tapak liman sebagai obat batuk dan pereda tenggorokan.  
  13. Mengatasi nyeri pada saat Haid, Nyeri pada haid biasanya selalu datang setiap awal haid maupun pertengahan saat haid. Nyeri yang terlalu lama tentu akan membuat tidak nyaman. Oleh karena itu jika nyeri mulai menyerang maka manfaatkanlah daun tapak liman untuk mengatasi nyeri haid. Selian itu gunakanlah manfaat daun salam untuk menstruasi untuk mengatasi nyeri haid pula.  
  14. Meredakan penyakit batuk, Anti inflamasi pada daun ini juga membantu untuk mengatasi penyakit batuk. Karena pada dasarnya daun tapak liman ini memberikan sensasi lega pada tenggorokan sehingga dapat meredakan batuk yang disebabkan karena gatal pada tenggorokan. Manfaatkan pula manfaat bawang merah untuk mengatasi batuk  
  15. Mengatasi amandel, Sejenis dengan batuk, tak hanya untuk batuk saja tetapi daun ini pun dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit amandel.
Selain manfaat yang telah dijelaskan diatas, masih terdapat 5 manfaat lain yang jarang diketahui dari daun tapak liman. Daun tapak liman ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai hal berikut ini pula.
  1. Sebagai Obat cacar 
  2. Mengatasi keputihan  
  3. Membantu menjaga kesehatan janin  
  4. Mengatasi luka  
  5. Untuk menjaga kesehatan kandung kemih
Itulah 22 manfaat daun tapak liman yang dapat kamu ketahui dari artikel ini. Begitu banyak manfaat daun tapak liman yang dapat diperoleh. Demikian artikel kali ini semoga dapat menambah wawasan teman teman mengenai fungsi dan manfaat daun tapak liman bagi kesehatan.


Penulis : Sigit marsono
HP : 081285367542
WA: 081285367542
Email : sigitmarsono@gmail.com

Menerima jasa konsultasi K3L (Keselamatan Kesehatan Kerja & Lingkungan ) Gratissss... tanpa dipungut biaya sepeserpun Bisa melalui no hp, WA atau email saya......kalo sudah mengerti sebarkan ya dan jangan lupa berbagi ilmu ke teman biar bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »